Doa Orang Tua Untuk Anaknya Agar Sholeh Penurut dan Cerdas

Mendidik anak agar menjadi anak yang sholeh sholehah serta cerdas secara akademik memang tidak mudah. Meskipun sudah diusahakan dengan memaasukkan ke sekolah terbaik, misalnya, kadangkala juga tidak menjamin bahwa anak akan menjadi baik. Sehingga tidak jarang kondisi ini menjadikan orang tua stress.

Oleh karenya mempunyai anak anak yang sholeh sholehah tentu menjadi dambaan semua orang tua. Terutama bagi para bunda yang biasanya begitu dekat dengan putra putrinya. Anak sholeh akan menjadi rizki yang tak ternilai harganya, bahkan jika dibanding dengan harta benda dunia yang lain. Betul kan bunda-sista...?

Doa Orang Tua Untuk Anaknya Agar Sholeh Penurut dan Cerdas


Seorang ibu mempunyai peran yang sangat besar dalam mendidik putra-putri mereka menjadi anak yang sholeh sholehah. Bahkan doa mereka (para ibu) sangat manjur alias mustajab. Baik doa yang baik maupun yang jelek. Karena itu hati-hati yang bunda, jangan sampai keluar doa yang buruk untuk anak-anak kita.

Amalan Doa agar Anak Durhaka Menjadi Berbakti

Bagaimana jika anak-anak kita sudah besar dan sudah terlanjur jadi anak durhaka atau tidak berbakti kepada kita?

Tenang bunda, ada cara untuk memperbaikinya kok. Ada satu amalan doa yang pernah diajarkan untuk tujuan ini. Yang harus melakukannya adalah ibu lho ya, bukan bapaknya.  Amalannya yaitu setiap malam dibacakan Surat Al-Fatihah sebanyak 1000 x selama 40 hari. Insya Allah anak yang tadinya bandel tidak taat, akan berubah menjadi taat dan sholeh sholehah. Amin.

Disamping itu juga ada doa yang bagus untuk dibaca bagi orang tua yang menginginkan anaknya menjadi sholeh sholehah.

Berikut ini doanya:

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَوْلَادِي وَلَا تَضُرَّهُمْ وَوَفِّقْهُمْ لِطَاعَتِكَ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ “.

Ya Allah berilah barokah untuk hamba pada anak-anak hamba, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepadaMu dan karuniakanlah hamba rejeki berupa bakti mereka “.

Doa Agar Menjadi Anak Sholeh dan Bertakwa

Disamping doa di atas, ini ada lagi doa dalam al-Qur’an yang dimaksudkan agar anak menjadi anak yang sholeh dan bertaqwa, juga untuk seluruh kelurga. 

doa orang tua untuk anak agar sholeh solehah dan taqwa


 رَبَّنَا هَبۡ لَنَا مِنۡ أَزۡوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعۡيُنٖ وَٱجۡعَلۡنَا لِلۡمُتَّقِينَ إِمَامًا

Robbana hablana min azwajina wa dzurriyyatina qurrota a’yun waj ‘alna lil muttaqiina imama

Artinya:

Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa" (Qs.al-Furqon : 74)

Doa Agar Anak Menjadi Sehat Cerdas Otaknya dan Pintar

Doa ini sering dibaca ketika diadakan acara akikah anak. Dengan harapan agar anak menjadi anak yang sehat sempurna, berakal cerdas dan berilmu lagi mampu mengamalkan ilmunya.

doa agar anak menjadi cerdas rajin belajar


 اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً وَعَاقِلًا حَاذِقًا وَعَالِمًا عَامِلًا

Allahummaj’alhu shohiihan kaamilan, wa ‘aqilan haadziqon, wa ‘aaliman ‘amilan

Artinya:“Ya Allah, jadikanlah ia anak yang sehat sempurna, berakal cerdas, dan berilmu lagi beramal"

Di samping doa diatas, untuk menjadikan anak sebagai anak yang pintar, bisa ditambahkan doa di bawah ini:

اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

Allaahummam-la’ quluuba aulaadinaa nuuron wa hik-matan wa ahlihim liqobuuli ni’matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah

Artinya:

Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka.


Doa Supaya Anak Menjadi Sholeh dan Sholehah

Doa ini termasuk doa yang populer dan serring terdengar dibaca oleh banyak orang. Yaitu doa yang dimaksudkan agar anak menjadi anak yang sholeh dan sholehah, banyak melakukan kebaikan.

 اَللهم اجْعَلْ اَوْلَادِي مِنْ اَهْلِ الْعِلْمِ وَاَهْلِ الْخَيْرِ وَلَا تَجْعَلْهُمْ مِنْ اَهْلِ السُّوْءِ وَاَهْلِ الضَّيْرِ . اَللهم بَارِكْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي وَاحْفَظْهُمْ وَلَاتَضُرَّهُمْ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ اَللهم اَتِنِي رِضَاكَ فِي الدُّنْيَا وَالْاَخِرَةِ وَاخْتِمْ لَنَا بِالسَّعَادَةِ وَالشَهَادَةِ وَالْمَغْفِرَةِ

Artinya:
Yaa Allah jadikan anak-anakku ahli ilmu dan ahli kebaikan dan jangan jadikan mereka ahli keburukan dan ahli madhorot .Yaa Allah berikanlah keberkahan pada keturunanku dan peliharalah mereka dan jangan timpakan keburukan kepada mereka dan karuniakan aku dengan kebaikan mereka. Yaa Allah berikan aku ridhomu di dunia dan dan di akherat dan akhirilah hidup kami dengan kebahagiaan dan bacaan syahadat dan ampunan.

Selain doa di atas, bisa juga ditambahkan doa Nabi Zakaria yang meminta anak yang baik. Baik di sini juga berarti sholeh/sholehah

رَبِّ هَبۡ لِي مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةٗ طَيِّبَةًۖ إِنَّكَ سَمِيعُ ٱلدُّعَآءِ

Robbiy habliy mil ladunka dzurriyyatan thoyyibatan innaka sami’ud du’a’

Artinya: Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa. (Surat Ali 'Imran Ayat 38)

Doa Nabi Ibrahim agar Agar Anak Rajin Sholat

doa orang tua untuk anak agar sholeh sholehah cerdas penurut


Doa di bawah ini adalah doa Nabi Ibrahim yang mengharapkan agar anak dan keluarganya menjadi orang-orang yang tetap menjaga shalatnya.

 رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Artinya : Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku. (Surat Ibrahim Ayat 40)

Ada satu ijazah yang menyebutkan bahwa agar doa Nabi Ibrahim diatas mustajab, maka ketika membaca doa dan pas pada bacaan ‘ذُرِّيَّتِي yang berarti ‘Kelurgaku’, kita berhenti dulu sambil membayangkan anak yang kita harapkan agar rajin sholatnya. Insya Allah mustajab.

Nah itulah bunda sista dan pembaca sekalian beberapa amalan doa  untuk menjadikan anak – anak kita sebagai anak yang sholeh dan sholehah lagi cerdas. Semoga bermanfaat..


Belum ada Komentar untuk "Doa Orang Tua Untuk Anaknya Agar Sholeh Penurut dan Cerdas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel