Niat dan Doa Sholat Tahajjud Beserta Cara Melaksanakannya


Sholat Tahajjud adalah sholat lail atau sholat yang dikerjakan pada waktu malam hari setelah tidur. Cara Mengerjakan Sholat Sunah Tahajud sebenarnya masih sama dengan cara mengerjakan sholat – sholat pada umumnya yang di awali dengan Bacaan Niat Sholat dan diakhiri dengan Salam, hanya saja terdapat perbedaan bacaan niat sholatnya saja. Sedangkan untuk Pengertian Sholat Sunah Tahajud sendiri ialah Sholat Sunah yg dikerjakan malaam hari setelah bangun tidur dengan jumlah Raka’at minimal 2 Raka’at dan maksimal tidak terbatas yang masing –  masing pada Raka’at kedua di barengi dengan Salam.

Kemudian Waktu Mengerjakan Sholat Sunah Tahajud dilakukan hanya pada malam hari setelah Sholat Isya sampai masuk waktu sholat subuh dan Cara Sholat Tahajud sendiri dilakukan setelah anda tertidur atau bangun tidur walaupun tidur anda hanya sebentar sekali, Sehingga jika anda mengerjakan Sholat Sunah Tahajud ini sebelum anda tidur dahulu maka bisa dipastikan bahwa Sholat tersebut hanya sholat sunah biasa (witir) bukan Sholat Sunah Tahajud.

Niat dan Doa Sholat Tahajjud Beserta Cara Melaksanakannya

Adapun Waktu Sholat Tahajud sebaiknya di lakukan pada saat tengah malam atau sekitar jam 01.00 pagi sampai waktu Subuh karena waktu tersebut merupakan waktu paling utama untuk mengerjakan Sholat Sunnah Tahajud ini. Walaupun dikerjakan di tengah malam namun Keutamaan Sholat Tahajud ini sangatlah banyak yg antara lain Alloh akan melindungi anda dari segala macam bencana atau bala, Wajah akan nampak bersinar, akan dicintai oleh Alloh dan hamba Alloh, akan mendapatkan pahala yg banyak, akan diampuni segala dosa – dosanya dan akan di kabulkan segala hajat dan doanya.

Manfaat Sholat Tahajud diatas sudah di terangkan oleh Firman Alloh Swt pd Surat Bani Israil ayat 79 yang berbunyi, ”’ Hendaknya kamu gunakan sebagian waktu malam itu untuk sholat Sunat tahajud, sebagai sholat sunah untuk dirimu, mudah – mudahan Alloh (Tuhan) akan membangkitkan engkau dengan kedudukan yg lebih baik (S. Bani Israil, Ayat ; 79)

Niat dan Doa Sholat Tahajjud Beserta Cara Melaksanakannya



Bacaan Niat Sholat Tahajud Lengkap

Di bawah ini adalah bacaan niat sholat tahajjud:

Niat dan Doa Sholat Tahajjud Beserta Cara Melaksanakannya


Terjemahan Niat Sholat Tahajud, ” USHALLI SUNNATAT TAHAJJUDI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA ”, kemudian untuk Pengertian Niat Sholat Tahajud diatas, ”’ Aku Niat Sholat Sunah Tahajud dua raka’at karena Alloh Ta’ala ”’.

Setelah membaca Niat Sholat Sunah Tahajud lalu dilanjut dengan membaca  Surat Al Fatihah, lalu membaca Suratan pada Rakaat pertama dan Rakaat kedua, Ruku, Itidal, Sujud sampai yang terakhir Salam.

Setelah membaca Surat Al Fatihah seperti diatas anda bisa membaca Surat An Nas di Raka’at pertama,, kemudian anda Ruku, Itidal, Sujud dan kembali ke Raka’at Kedua dan membaca lagi Surat Al Fatihah, kemudian membaca Suratan pada Raka’at kedua. Untuk Bacaan Suratanya bisa dengan membaca Doa Sholat Tahajud Surat Al Falaq.

Mengapa anda diutamakan membaca bacaan  Surat An Nas dan Al Falaq seperti diatas karena kedua Suratan tersebut mempunyai pengertian untuk memohon perlindungan kpd Alloh dari segala macam godaan setan. Namun anda bisa membaca Suratan lainnya di masing – masing Raka’atnya, tidak harus membaca Surat Al Falaq dan Surat An Nas.

Adapun Setelah Mengerjakan Sholat Sunah Tahajud maka duduklah dengan khusyu sambil membaca bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud atau di awali dulu dengan bacaan – bacaan dzikir seperti membaca Istighfar,Tasbih, Tahmid, dan Shalawat Nabi karena dengan Berzikir kita menjadi lebih dekat dengan Alloh.


Bacaan Dzikir Istighfar tersebut sebaiknya dibacakan sebanyak – banyaknya atau minimal sebanyak 100 kali, setelah itu bisa dilanjutkan dengan membaca Tasbih dan Shalawat Nabi.

Bacaan Dzikir Tasbih (diatas) dan Shalawat Nabi Muhammad Saw (dibawah) dibacakan sebanyak 32 kali atau lebih

Ingat bahwa fungsi dari Berdzikir itu untuk semakin mendekatkan diri kita kepada Sang pecipta Alloh Swt sehingga sebaiknya di bacaan dengan ikhlas dan khusyu. Setelah anda selesai Berzikir anda bisa langsung membaca Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud yg sdh saya buat dibawah ini, tinggal anda baca, hafallkan dan diamalkan dirumah.

Niat dan Doa Sholat Tahajjud Beserta Cara Melaksanakannya


Jika Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud diatas susah untuk anda hafalkan, maka anda bisa mengamalkan doa ini dengan membaca secara langsung tanpa harus menghafalkanya atau anda bisa Berdoa Setelah Sholat Sunah Tahajud dengan bahasa anda sendiri (Bahasa Indonesia) karena Alloh Maha Pintar lagi Maha Mendengarkan sehingga Alloh pasti bisa mendengarkan bacaan doa anda.

Setelah selesai membaca Doa Setelah Sholat Tahajud tersebut, maka anda bisa berbaring kembali ketempat tidur anda sambil membaca Ayat Kursi, Kemudian Surat Al Ikhlas, Surat Al Falaq dan Surat An Nas atau anda bisa sambil menunggu Waktu Sholat Subuh dengan membaca bacaan Ayat Suci Al–Qur’an, atau tidak melanjutkan dengan dzikir yang lain.

Wallahu a’lam bishshowaab...

Belum ada Komentar untuk "Niat dan Doa Sholat Tahajjud Beserta Cara Melaksanakannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel