Bertaubat Dengan Amalan Doa Sayyidul Istighfar


Sayyidul Istighfar bisa dimaknai sebagai penghulunya istighfar atau  Istighfar Terbaik. Banyak sekali masyarakat muslim yang sudah mengamalkan amalan ini, tapi tidak sedikit yang masih belum tau apa itu Sayyidul Istighfar. Padahal sudah banyak yang membuat doa Sayyidul Istighfar ini dalam bentuk MP3, atau mungkin membuat videonya di Youtube. Bahkan di beberapa daerah sudah banyak yang membuat lagu tentang Sayyidul Istihfar ini sebagai puji-pujian menjelang sholat.

Salah satu yang menghalangi datangnya pertolongan Allah adalah karena banyaknya dosa yang kita punya. Entah dosa besar atau kecil. Baik dosa kepada Allah atau dosa kepada makhluk lain. Apapun namanya, dosa tetaplah dosa yang harus ditaubati, dimohonkan ampun kepada Allah jika dosanya kepada Allah, dan kepada manusia jika kita punya salah kepada sesama.

bertaubat dengan amalan doa sayyidul istighfar

Jika dosa kita sudah diampuni, maka insya Allah hajat kita akan mudah dikabulkan oleh Allah. Sebab orang yang tidak punya dosa, akan dekat dengan Allah, atau Allah yang mendekat kepadanya. Tapi jika dosa kita banyak, maka Allah akan menjauh dari kita.

Doa Sayyidul Istighfar adalah bacaan istighfar atau permohonan ampun kita kepada Allah yang paling baik. Karena doa ini diajarkan oleh Nabi sendiri. Sayyidul Istighfar artinya adalah ‘penghulunya istighfar’. Sebab ada banyak bacaan istighfar yang bisa kita ucapkan. Seperti “Astghfirullah...” dan sebagainya.  Dan doa ini adalah sayyidnya.

Keterangan tentang doa Sayyidul Istighfar ini didapati dalam sebuah hadis.Dari Syaddad bin Aus Radhiyallahu anhu dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , "Sesungguhnya Istighfâr yang paling baik adalah seseorang hamba mengucapkan :

ALLAHUMMA ANTA RABBII LÂ ILÂHA ILLÂ ANTA KHALAQTANII WA ANA 'ABDUKA WA ANA 'ALA 'AHDIKA WA WA'DIKA MASTATHA'TU A'ÛDZU BIKA MIN SYARRI MÂ SHANA'TU ABÛ`U LAKA BINI'MATIKA 'ALAYYA WA ABÛ`U BIDZANBII FAGHFIRLÎ FA INNAHU LÂ YAGHFIRU ADZ DZUNÛBA ILLÂ ANTA

Bacaan Arabnya :

الّلهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لآإِلَهَ إِلَّا أَنْتَ, خَلَقْتَنِى وَ أَنَا عَبْدُكَ وَ أَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَااسْتَطَعْتُ. أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ. أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَ أُبُوْءُ بِذَنْبِي فَاغْفِرْلِى فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ
Artinya :

(Ya Allâh, Engkau adalah Rabbku, tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Engkau. Engkau yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian-Mu dan janji-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku kepada-Mu, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau).

JANGAN LEWATKAN:
Segudang Manfaat dan Pentingnya Sholat Dhuha

Beliau bersabda “Barangsiapa mengucapkannya di waktu siang dengan penuh keyakinan lalu meninggal pada hari itu sebelum waktu sore, maka ia termasuk penghuni surga. Barangsiapa membacanya di waktu malam dengan penuh keyakinan lalu meninggal sebelum masuk waktu pagi, maka ia termasuk penghuni surga.

(Hadits ini shahih. Diriwayatkan oleh:
Imam al-Bukhari dalam shahîhnya (no. 6306, 6323) dan al-Adabul Mufrad (no. 617, 620), Imam an-Nasâ-i (VIII/279), as-Sunanul Kubra (no. 9763, 10225), dan dalam ‘Amalul Yaum wal Lailah (no. 19, 468, dan 587)]

Melihat keutamaan yang begitu besar dari doa Sayyidul Istighfar ini, tentu sebagai seorang muslim kita harus senantiasa membacanya dan melantunkannya dalam setiap doa kita. Bisa kita baca setiap selesai sholat fardhu, atau sesudah sholat taubat. Dengan membaca sayyidul istighfar ini semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita. Amin...


Belum ada Komentar untuk "Bertaubat Dengan Amalan Doa Sayyidul Istighfar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel